JURUS #4 BANGUN PERSONAL BRAND ANDA



“Tak kenal, maka tak sayang.” Pepatah ini memang terkesan sudah kuno. Tapi, jangan salah, maknanya tetap berlaku untuk siapa saja yang ingin sukses di bisnis apa pun. Termasuk mereka yang berkecimpung di bisnis asuransi. Fakta menunjukkan: para agen asuransi sukses bukan saja dikenal, tapi memang secara sadar membuat diri mereka dikenal! Jika tidak, mereka jelas tidak mungkin bisa punya puluhan atau bahkan ratusan nasabah.

Arti ”dikenal” di sini tentu tidak hanya berkaitan dengan nama atau profesi Anda. Dua hal ini saja jelas tidak otomatis membuat orang membeli dari Anda. Seperti telah dibahas di Jurus #3, REPUTASI Anda sangat menentukan kesuksesan Anda di bisnis asuransi (dan di bisnis apa pun). Dan reputasi yang hebat dikenal dan diakui orang sebagai milik agen asuransi profesional yang menguasai produk, melayani dengan hati, dan benar-benar memberi manfaat terbaik kepada nasabah. Nah, persis reputasi seperti inilah yang secara sengaja mereka bangun menjadi PERSONAL BRAND mereka sehingga semakin banyak orang yang mengenal dan berminat membeli dari mereka.


Personal brand adalah perpaduan pesan yang secara konsisten Anda sampaikan lewat perilaku dan tindakan Anda dengan pengalaman orang dalam berhubungan dengan Anda.

Dengan kata lain, personal brand Anda sangat tergantung pada pesan yang terus menerus Anda sampaikan dan pengalaman orang tentang diri Anda. Maka, kalau menghendaki personal brand positif yang kuat, Anda harus konsisten berperilaku dan bertindak positif sehingga orang juga punya pengalaman yang positif tentang Anda.

Agar bisa meraih sukses yang berkelanjutan di bisnis asuransi (atau bisnis apa pun), Anda memang tidak punya pilihan lain. Pilihan Anda hanyalah fokus melakukan kerja Anda secara profesional dan membangun personal brand positif yang kuat. Hanya dengan cara itu, Anda bisa menonjol dan memperbesar bisnis Anda. Seperti dikatakan oleh Leo Burnett, praktisi periklanan legendaris, ”Orang memakai produk, sedangkan yang mereka beli adalah brand.”


Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk membangun personal branding positif yang kuat?

Apa saja langkah konkretnya? Langkah-langkah berikut ini akan sangat membantu Anda:


Jadilah konsultan profesional dan berikan yang terbaik kepada nasabah.

Seperti telah disampaikan di atas, personal brand Anda juga terbentuk setiap kali Anda bertemu atau berhubungan dengan prospek dan nasabah. Mereka pasti akan punya penilaian tertentu tentang Anda berdasarkan pesan yang mereka terima dari perilaku dan tindakan Anda. Karena itu, untuk mendapatkan penilaian yang positif, Anda tidak punya pilihan lain, kecuali menjadi konsultan profesional dan memberikan yang terbaik kepada nasabah.


Fokuskan diri Anda untuk menjadi yang terbaik di industri asuransi.

Ini berarti Anda perlu meraih penghargaan sebagai member MDRT. Tidak hanya satu-dua kali, melainkan terus menerus setiap tahun dan berturut-turut. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Anda telah bergabung dalam kelompok 1 persen agen asuransi dan jasa keuangan terbaik di dunia. Dan Anda berhak mencantumkan logo MDRT di kartu nama Anda. Ini tentu akan menimbulkan impresi yang berbeda karena prospek tidak selalu melihatnya di kartu nama agen lain yang mungkin pernah diterimanya. Sebab, untuk mendapatkannya, Anda memang harus memenuhi kualifikasi tertentu yang memerlukan kerja keras dan kerja cerdas.

Raih setiap jenjang karier sesegera mungkin dan capai kualifikasi terbaik di perusahaan asuransi di mana Anda bergabung. Jenjang karier yang makin tinggi tentu menimbulkan impresi yang berbeda. Ini bukan karena istilah yang digunakan terlihat lebih mentereng, melainkan karena orang bisa memperkirakan bahwa agen dengan jenjang karier yang makin tinggi punya jam terbang yang lebih tinggi, nasabah yang lebih banyak, dan tentu kapasitas bisnis yang lebih besar juga. Itulah sebabnya di awal karier Anda bisa meminta didampingi oleh leader Anda yang jenjang kariernya lebih tinggi karena kapasitas dan personal brand mereka lebih kuat untuk menangani prospek, terutama yang levelnya lebih tinggi daripada Anda. Sejauh Anda serius menjalankan bisnis, Anda tidak perlu sungkan karena leader Anda hingga batas tertentu juga berkepentingan terhadap kesuksesan Anda.


Gunakan media untuk berbagi informasi.

Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk menuliskan pemikiran dan tips praktis Anda di seputar topik asuransi. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube bisa jadi tempat yang sangat efektif untuk tempat Anda berbagi informasi. Selain itu Anda bisa menulis artikel di majalah, membuat buku, atau membuat blog atau website pribadi.

Semua ini tentu bukan soal menjadi narsis karena Anda memang harus memenuhi kapasitas atau kualifikasi tertentu dan benar-benar bertujuan untuk berbagi informasi atau melakukan edukasi. Langkah 1 sampai 3 di atas tentu harus Anda lakukan dulu supaya informasi yang Anda bagikan punya bobot pengalaman yang kuat dan layak dijadikan referensi. Dengan begitu, personal brand positif Anda juga semakin kuat.



Nah, sekarang jelas bahwa membangun personal brand positif yang kuat adalah langkah cerdas untuk mendongkrak bisnis Anda. Untungnya lagi, Anda tidak perlu sampai seperti korporasi bisnis yang harus mengeluarkan biaya besar untuk membangun brand-nya. Bahkan Anda hampir tidak perlu merogoh kocek Anda untuk melakukan jurus #4 ini. Kalaupun dibutuhkan, investasi yang perlu Anda lakukan tidaklah seberapa dan cukup disisihkan sedikit dari hasil bisnis Anda. Yang penting, Anda menyadari pentingnya membangun personal brand dan melakukannya sejak dini seiring dengan proses Anda menjadi konsultan yang profesional dan mampu memberikan yang terbaik kepada nasabah.


© 2019 Deddy Karyanto